Visi dan Misi Program Studi

Visi Program Studi

“Menjadi Program Studi Diploma 3 Manajemen Pemasaran yang Unggul dan Berdaya Saing Tinggi pada Tahun 2025″

Misi PS D3 MP Unila adalah :

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi manajemen pemasaran yang menjalankan proses akademik bidang ilmu manajemen pemasaran yang responsif terhadap perubahan Iptek, lingkungan bisnis, politik, sosial kemasyarakatan.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu manajemen terapan di bidang manajemen pemasaran
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat di bidang manajemen pemasaran
  4. Melaksanakan kerjasama dengan pemangku kepentingan baik nasional maupun internasional.

Tujuan dan Sasaran

Tujuan Program Studi  D3 Manajemen Pemasaraan FEB Unila adalah

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan pengetahuan manajemen pemasaran dalam praktek profesional melalui riset terapan.
  2. Menghasilkan riset-riset manajemen terapan yang mampu memecahkan masalah dan mengambil keputusan sesuai dengan bidang keilmuan manajemen pemasaran melalui pendekatan inter atau multi disipliner.
  3. Pengabdian masyarakat melalui peningkatan di bidang pengetahuan dan keterampilan masyarakat.
  4. Menjalin kerjasama dengan para pemangku kepentingan baik nasional maupun internasional yang saling menguntungkan.

Sasaran

PS D3 MP dalam mewujudkan visi dan melaksanakan misinya menetapkan beberapa sasaran pada tahun 2015, sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan dengan :
    1. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) rata-rata ≥ 3,40;
    2. Rata-rata lama studi ≤ 3 tahun;
    3. Rata-rata English Proficiency Test (EPT) ≥ 500.
    4. Rata-rata waktu tunggu menerima pekerjaan setelah lulus ≤ 2 bulan
  2. Menghasilkan output penelitian:
    1. Minimal 1 (satu) judul penelitian per dosen tetap setiap tahun;
    2. Rata-rata dana penelitian perdosen tetap per tahun minimal 30 juta
    3. Publikasikan hasil penelitian pada jurnal Internasional (40%), nasional terakreditasi (40%) dan nasional tidak terakreditasi (20%) pada tahun 2015;
  3. Menghasilkan output pengabdian:
    1. Minimal 1 (satu) kegiatan pengabdian perdosen setiap tahun;
    2. Rata-rata dana pengabdian perdosen tetap pertahun minimal 20 juta
    3. 2 kegiatan di desa/kawasan binaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis setiap tahun.
  4. Menghasilkan kerjasama dengan pemangku kepentingan:
  1. Joint degree minimal dengan 1 (satu) universitas luar negeri setiap tahun;
  2. Kerjasama dengan universitas penyelenggara diploma 3 manajemen pemasaran dalam negeri minimal 1 (satu) setiap tahun
  3. Kerjasama dengan Instansi/lembaga dalam negeri 2 lembaga setiap tahun.

Proses penyusunan Visi dan Misi  PS D3 MP FEB Unila dilakukan dengan kegiatan-kegiatan berikut ini:

  1. Membentuk tim penyusun yang terdiri dari dosen dan tenaga kependidikan dibawah koordinator Ketua PS D3 MP FEB Unila;
  2. Menyusun kuesioner tracer study dan skill profile study dan menyebarkan daftar pertanyaan kepada dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, dan stakeholders lainnya;
  3. Tim penyusun merumuskan visi dan misi PS D3 MP Unila dan disampaikan pada rapat program studi yang melibatkan dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni dan instansi-instansi terkait;
  4. Visi dan misi yang sudah dirapatkan di PS D3 MP Unila, selanjutnya dilokakaryakan dengan melibatkan stakeholders internal dan eksternal;
  5. Setelah dilokakaryakan, visi dan misi program studi dibahas dan disetujui dalam rapat senat fakultas dan disahkan oleh pimpinan fakultas.

PS D3 MP Unila pada proses penyusunan Visi dan Misi menjaring pendapat dan masukan dari para stakeholders yang terkait. Adapun stakeholders yang dilibatkan dalam proses penyusunan visi dan misi tersebut, yaitu:

Stakeholders internal (dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa), yang meliputi:

  1. Dosen memberikan masukan mengenai visi misi melalui kegiatan rapat koordinasi pada PS D3 MP FEB Unila;
  2. Tenaga Kependidikan PS D3 MP FEB Unila memberikan masukan melalui kegiatan sosialisasi peyusunan rencana strategik (renstra), visi dan misi program studi dan pertemuan rutin bulanan;
  3. Mahasiswa, dengan kegiatan diskusi terbuka serta brainstorming memberikan masukan tentang visi dan misi baru yang akan disusun.
  4. Pimpinan fakultas beserta senat fakultas memberikan masukan dan persetujuan dokumen renstra yang disusun oleh PS D3 MP Unila melalui kegiatan sosialisasi dan pengarahan pengembangan kelembagaan di tingkat fakultas, yang dituangkan dalam Rencana Strategik (Renstra) Fakultas dan Rencana Strategis (Renstra) Jurusan.

 

Stakeholders eksternal terdiri dari alumni, pemerintah, dunia usaha, asosiasi profesi dan lembaga masyarakat memberikan masukan pada saat dilakukan lokakarya dalam membahas penyusunan renstra yang memuat visi, misi, tujuan dan sasaran PS D3 MP Unila.

Program D3 Pemasaran © 2015 Frontier Theme